Mar 18, 2010 - Uncategorized    32 Comments

Khotbah

RELASI PENGINJILAN DAN PELAYANAN SOSIAL

Nats : Kisah Para Rasul 6:1-7

Tujuan :

  1. Jemaat mengerti relasi penginjilan dengan pelayanan sosial berdasarkan firman Tuhan
  2. Jemaat mengabarkan firman Tuhan melalui pelayanan sosial

Pendahuluan

Ilustrasi : Pernah suatu kali gereja kita ini mengadakan pemeriksaan kesehatan yang diadakan tepatnya di pos sekolah minggu Air Hitam. Kita tahu selama ini pengabaran firman Tuhan selalu disampaikan kepada anak-anak dan remaja Air Hitam. Setiap kali, ada diantara orangtua mereka yang datang untuk mengantarkan anak dan untuk mengetahui apa saja yang dilakukan oleh anak-anak mereka disekolah minggu tersebut. Kita tahu bahwa penduduk di Air Hitam mayoritas belum mengenal Tuhan, namun dengan diadakannya pemeriksaan kesehatan yang dilakukan tim MIPI kita, maka membuat penduduk di Air Hitam membuka hati untuk menerima injil sedikit demi sedikit.

Suatu kegiatan atau pelayanan sosial ternyata cukup berpengaruh bagi masyarakat sekitar, dan ini membuka peluang untuk masuknya kekristenan dan pengabaran injil ke dalam daerah tersebut.

Peralihan : Pelayanan sosial penting dilakukan oleh orang Kristen kepada masyarakat ataupun kepada orang yang membutuhkan bantuan kita. Mengapa demikian? Apakah hubungannya pelayanan sosial dengan penginjilan?

Isi

Jemaat yang dikasihi Tuhan, jelas bahwa pelayanan sosial merupakan bagian dari penginjilan yang tak dapat dipisahkan. Maka dikatakan bahwa pelayanan sosial penting bagi penginjilan. Dalam bahasa Yunani diakonia ditunjukkan kepada pelayanan sosial yang menolong orang-orang membutuhkan dan lebih bermasyarkat, oleh sebab itu gereja atau umat Tuhan tidak anti dengan masyarakat, justru harus berbaur dengan masyarakat, yaitu dengan cara peduli terhadap hidup mereka. Pelayanan sosial bersifat pelayanan kita kepada umum dan konsepnya adalah agar nama Tuhan dimuliakan serta injil dapat disampaikan dengan efektif. Mari, pada hari ini kita belajar dari firman Tuhan, alasan apa saja yang membuat pelayanan sosial itu penting di dalam pengabaran firman Tuhan:

1. Pelayanan sosial sebagai tugas orang Kristen di dalam menaati firman Tuhan

Ulangan 24 dan 26 menyatakan bahwa janda-janda memiliki hak untuk ditolong oleh orang Israel yang memiliki kekmapuan untuk menolong orang-orang yang membutuhkan. Ini adalah ajaran firman Tuhan yang mengajarkan kepada bangsa Israel dari sejak jaman perjanjian lama hingga pada saat ini, untuk melakukan pelayanan sosial. Inilah yang seharusnya juga menjadi perhatian bagi para rasul dan para murid Tuhan pada masa terjadi masalah antara orang Yahudi berbahasa Yunani dengan orang Yahudi berbahasa Ibrani. Mereka mempermasalahkan kebutuhan hidup para janda yang lalai dipenuhi oleh umat Tuhan. Memang kesibukan para rasul pada masa itu di dalam mengabarkan firman Tuhan, sudah membuat para rasul merasa melalaikan firman Tuhan itu sendiri dalam hal pelayanan meja.

Namun, kelalaian tersebut tidak dapat ditolerir dan dibiarkan, justru membuat para rasul menyadari pentingnya dibentuk orang-orang Kristen yang melayani dengan fokus sosial. Dengan kesadaran inilah, maka para rasul meminta para murid Tuhan untuk memilih beberapa orang menjadi pelayan meja (pelayan sosial). Para rasul yang mengkomunikasikan hal tersebut kepada para murid Tuhan dengan maksud, agar mereka juga ikut ambil andil di dalam mejalankan perintah firman Tuhan, khususnya mengenai pelayanan sosial kepada para janda dan kepada orang-orang lain yang membutuhkan bantuan mereka (ay. 2).

Kewajiban sebagai umat Tuhan di dalam mengabarkan firman Tuhan yang dicantumkan di dalam Mat.28 memang penting, namun tidak kalah pentingnya kita menyadari bahwa mat. 28 memiliki makna yang mendalam, yaitu mengabarkan firman Tuhan keseluruh dunia dengan mempraktekkan firman Tuhan di dalam kehidupan sosial. Yang dapat melakukan pelayanan sosial tersebut, jelas adalah orang yang sudah percaya kepada Yesus, sebab sesuai dengan mandat Tuhan dalam mat.28 tersebut.

Dengan kesadaran inilah, maka kita perlu menyadari sebagai seorang Kristen, kita mau mengabarkan firman Tuhan kepada siapapun dengan mempraktekkannya melalui pelayanan sosial kepada orang yang membutuhkan. Bukan hanya agar nama Tuhan dimuliakan melalui kegiatan ini, namun agar pengabaran firman Tuhan dapat disampaikan dengan baik dan efektif, sebab banyak orang yang akan melihat apa yang telah kita lakukan bagi kehidupan masyarakat ataupun bagi orang yang membutuhkan pertolongan dan belas kasihan kita.

Contoh : Kita dapat menjalankan perintah firman Tuhan mengenai pelayanan sosial melalui memberi sumbangan kepada korban bencana alam, atau tetangga kita, orang-orang disekitar daerah kita tinggal yang membutuhkan bantuan kita.

2. Pelayanan sosial sebagai karakter seorang Kristen

Pelayanan sosial yang diadakan oleh para rasul dengan mengajak para murid untuk ikut ambil bagian di dalam pelayanan tersebut, membuahkan ciri khas kekristenan yang baik. Hal ini dibuktikan dengan bertambahnya orang-orang yang percaya kepada Tuhan dan bertambah eratnya hubungan persaudaraan diantara mereka (ay. 7). Selain itu, hasil yang didapat adalah bertambahnya imam yang menyerahkan diri untuk percaya kepada kebenaran yang datangnya dari Tuhan kita, yaitu Yesus Kristus.

Orang Kristen bukanlah orang eksklusif. Maksudnya adalah orang Kristen adalah orang yang bergaul dengan masyarakat dan mau membantu orang yang membutuhkan. Orang Kristen bukanlah orang yang hanya mementingkan diri sendiri dan bukan orang yang hanya mementingkan komunitasnya saja tanpa mau bergaul dengan orang lain. Oleh sebab itu, firman Tuhan mengajarkan setiap orang Kristen untuk mengasihi siapa saja dengan praktek melayani melalui pelayanan sosial. Hal ini menjadi ciri khas orang Kristen dimanapun. Karakter yang Tuhan ingin kita miliki adalah karakter sebagai seorang garam dan terang dunia (mat. 5:13). Yang dimaksudkan disini adalah Yesus ingin setiap umat yang percaya kepada-Nya hidup dengan memiliki karakter sebagai seorang yang penuh kasih menjalankan segala perintah Tuhan dengan menjadi pengabar firman Tuhan di dalam pelayanan sosial kepada orang yang belum percaya kepada Tuhan, sehingga mereka beroleh berkat dari Tuhan dan supaya mereka mengenal serta percaya kepada-Nya.

Tuhan menginginkan setiap kita juga sebagai seorang yang percaya kepada-Nya memiliki karakter di dalam menyampaikan kasih kita yang asalnya dari Tuhan kepada setiap orang melalui pelayanan sosial yang dapat kita lakukan di dalam kehidupan sehari-hari, baik pada saat di sekitar lingkungan kita tinggal, di gereja maupun dalam tempat kita bekerja. Memiliki hati dan jiwa sebagai seorang pelayan sosial merupakan gaya hidup yang benar di mata Tuhan, sebab melalui karakter hidup kita, maka akan banyak orang yang melihat siapa Tuhan yang kita sembah dan membuat pintu hati mereka terbuka untuk menerima injil. Mengapa demikian? Sebab kita sudah terlebih dahulu menyatakan di dalam karakter kita bagaimana mengasihi dengan sungguh-sungguh melalui pelayanan sosial. Pelayanan sosial yang kita lakukan janganlah melihat orang, jangan hanya membantu orang yang menguntungkan kita saja, sebab pelayanan sosial dilakukan oleh orang Kristen kepada siapa saja tanpa terkecuali.

Ilustrasi : Yesus sendiri di dalam pelayanannya bukan hanya mengabarkan firman Tuhan di setiap kota, namun Ia juga melakukan penyembuhan dan pengusiran setan. Semuanya Ia lakukan dengan sungguh-sungguh tanpa melihat dari golongan mana orang yang Ia bantu. Apa yang dilakukan Yesus adalah pelayanan sosial, sebab Ia tahu bahwa melalui pelayan sosial ini, firman yang sudah disampaikan oleh-Nya akan lebih melekat ke dalam hati orang yang mendengarkan dan menyaksikan pelayanan Yesus. Dibalik semua itu Yesus menyatakan karakter orang percaya. Bagaimana hidup-Nya untuk menjadi terang dan garam bagi manusia melalui pengabaran injil dan pelayanan sosial.

Penutup

Aplikasi : Siapakah diantara kita yang memiliki hati dan jiwa untuk melakukan pelayanan sosial? Marilah kita sama-sama berkomitmen untuk mau ikut di dalam pelayanan sosial agar nama Tuhan dimuliakan dan pengabaran injil dapat disampaikan.

32 Responses

  • Just what I was searching for, thankyou for posting .

  • hey fantastic information your net page contains will return when I’ve time to examine far more.

  • Real fantastic visual appeal on this site, I’d rate it 10 10.

  • I really like your writing style, excellent info , thanks for putting up : D.

  • I don’t commonly comment but I gotta admit thanks for the post on this special one : D.

  • When I was a young man I thought the same way

  • I saw this somewhere else so it has to be true

  • Thanks for the great information

  • I saw this somewhere else so it has to be true

  • I am glad to be a visitant of this consummate weblog ! , regards for this rare information!.

  • Dead composed content , appreciate it for selective information .

  • Attractive section of content. I just stumbled upon your weblog and in accession capital to assert that I acquire in fact enjoyed account your blog posts. Any way I will be subscribing to your feeds and even I achievement you access consistently rapidly. Arnoldo Barsanti

  • thanks!

  • Boston Bruins Jerseys This is certainly a really good read for me, Must admit that you are one of the greatest bloggers I ever saw.I appreciate you posting this interesting article. Bruins Jerseys

  • Clice here Cardy UGG Boots outlet!I truly enjoy this article 100%, I do hope you could blog even more relating to this.

  • cheap UGG Adirondack Its just like you read my thoughts! You appear to know a whole lot about this, just like you wrote the book in it or something. It is my opinion that you can do with some pics to drive your message home somewhat, but in addition to that, it’s fantastic blog.. sheepskin uggs

  • Thanks for taking the time to talk about this, I’m fervently about this and I appreciate studying this topic. Please, while you gain information, please update this web site with increased information. I’ve found it very helpful. There must be charging stations everywhere.

  • I’ll immediately seize your rss feed as I can’t find your e-mail subscription link or newsletter service. Do you have any? Kindly permit me realize in order that I may just subscribe. Thanks.

  • Thanks , I have recently been looking for information about this subject for a while and yours is the greatest I’ve came upon till now. However, what in regards to the conclusion? Are you certain in regards to the source?

  • Very Interesting Information! Thank You For This Post!

  • Thanks for sharing, I like this blog!

  • oh neat, this answers is definitely helpful and without a doubt is thoughts suitable! hehe. I’m going to watch if I will be able to have a shot at to utilize most of these details for my own personal blog page. Bless you!

  • Hi, I’ve read this twice now. Thanks so a lot. You’re one of those consumers I go to for blogging advises.

  • I would like to thank you for the efforts you have made in writing this post. I’m hoping the same best work from you in the future as well. In fact your creative writing abilities has inspired me to start my own BlogEngine blog now.

  • You have brought up a very good points , thanks for the post.

  • Wow! This might be 1 particular of probably the most useful blogs We have ever arrive across on this topic. Basically Superb.

  • I like what you guys are up too. Such intelligent work and reporting! Carry on the excellent works guys I’ve incorporated you guys to my blogroll. I think it’ll improve the value of my web site :)

  • Hey! This is my first visit to your blog! We are a team of volunteers and starting a new project in a community in the same niche. Your blog provided us beneficial information to work on. You have done a outstanding job!

  • It’s perfect time to make some plans for the future and it’s time to be happy. I’ve read this post and if I could I want to counsel you some attention-grabbing issues or tips. Perhaps you can write subsequent articles regarding this article. I wish to learn more things about it!

  • Such a lot of details on this topic is designed in the same kind of fashion. You’ve brought new life into this intended theme jointly with your fresh views. I agree in your wallet.

  • excellent points altogether, you simply gained a brand new reader. What would you recommend about your post that you made a few days ago? Any positive?

  • You could definitely see your skills in the work you write. The world hopes for more passionate writers like you who are not afraid to say how they believe. Always follow your heart.